Minggu, 25 Desember 2011

The Social Network


Jadi, sebenarnya, film ini hanya menunjukkan kepada kita bahwa mahakaryanya Mark Zuckerberg itu tercipta 'hanya' dari proyek patah hati dari diputusin sama mantannya. Bukan karena dia emang pengen bernafsu jadi perintis situs jaringan sosial. Bukan karena visi misi. Bukan karena mimpinya. Mark Zuckerberg (Jesse Eissenberg) malah orang yang ga peduli sama uang dan segalanya, beda banget kaya karakteristik maruknya Bill Gates VS Steve Jobbs di Pirates of Sillicon Valey, Mark di film ini digambarkan sebagai anak muda lainnya tanpa tujuan, setiap kerjaan dan apa yang dia perbuat berdasar spontanitas hati dan apa yang dia alamin, in fact adalah, Mark Zuckerberg is not specially special.
Dia tipikal geek kebanyakan. Cuek, egois, jenius, nyentrik, tipikal cowok sok pinter yang nyebelin, dan ga akan pernah masuk list sebagai cowok yang aku suka.
Untunglah dia punya teman yang baik, Eduardo Saverin, a humble dude with super friendly personality yang selalu setia, mendukung dan mau mengikuti semua tingkah-tingkahnya Mark yang ngalor-ngidul ini. Yes, mereka emang akrab sekali. Sampe-sampe kayanya The Social Network versi Brokeback Mountain juga pasti ide yang seru abis.

Jadi apa yang ingin disorot David Fincher disini bukan soal ego Mark Zuckerberg. Film ini bukan soal ego. Kalau Pirates Siliccon Of Valley memperlihatkan dengan jelas kalau ego itu bisa bikin kita merebut dan melakukan apa saja untuk bersaing dan menang, The Social Network lebih ke pandangan spesifik soal "konsekuensi dari persaingan dan kemenangan" itu.
Ya setidaknya Mark Zuckerberg tidak se'jahat' Bill Gates VS Steve Jobbs yang memang penuh persaingan, Mark bahkan tidak ingin apapun, baik kesuksesan, kepopuleran atau uang. Mark hanya seseorang yang melampiaskan perasaannya (dalam hal ini, diputusin) jadi sebuah ide yang dimana itu bisa membuat nenek-nenek berumur 103 tahun bisa punya akun Facebook.


Sebenarnya aku ga pernah terlalu suka sama film yang secara status terlalu overrated seperti film ini. Tapi terlepas dari status film ini yang sudah diomongin banyak orang dan posisinya di kancah Oscar, aku salah satu yang suka dan tentu saja, sangat apresiatif sama film ini.

2 komentar:

  1. Aku juga suka film Social Network... sutradaranya keren, penulis naskah adaptasinya keren.. panteslah dapet banyak penghargaan...

    Walopun Mark-nya sendiri gak suka, gpplah ya... hehehe

    BalasHapus